-->

Khasiat dan Manfaat Jengkol


Manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh


Jengkol? pasti teman-teman sudah mengetahui buah yang satu ini, dibenak kita saat mendengar kata jengkol pasti baunya yang luar biasa bukan? tapi dari baunya yang menyengat banyak manfaat yang terkandung dilamnya antara lain Dalam 100 gram biji jengkol, terkandung energi 133 kkal, protein 23,3 gram, karbohidrat 20,7 gram, vitamin A 240 SI, vitamin B 0,7 mg, vitamin C 80 mg, fosfor 166,7 mg, kalsium 140 mg, besi 4,7 mg, dan air 49,5 gram. Sebagai catatan, angka kecukupan gizi vitamin C yang dianjurkan per hari adalah 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria dewasa. Ini berarti, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, kita cukup mengonsumsi jengkol sekitar 100 gram.
Banyak bukan vitamin yang terkandung didalam jengkol. Masih nolak nih kalo dikasih jengkol. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas manfaat si Jengkol. Manfaatnya antara lain sebagai berikut:

1. MENCEGAH ANEMIA (Kurang Darah)
Jengkol juga kaya akan zat besi yang sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah berkurang. Akibatnya, pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh semua sel dalam tubuh juga akan menurun.

2. MENCEGAH OSTEOPOROSIS
Telah saya singgung diatas tadi kandungan yang ada didalam jengkol, karna jengkol memiliki banyak kandungan kalsium jadi jengkol juga ampuh untuk mencjaga kesehatan tulang kita. Jadi, sering memakan jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang dalam tubuh Anda menjadi lebih kuat.

3. MENANGKAL RADIKAL BEBAS
Jengkol mengandung antioksidan yang sangat banyak jadi jengkol dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. MENGATASI PENYAKIT JANTUNG
Jengkol adalah makanan diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil, sehingga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung.

5. MENCEGAH PENYEMPITAN PEMBULUH DARAH
Pasien dengan penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung menjadi halus. Kandungan mineral dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang mengkerut dan mencegah penyempitan pembuluh darah kembali.

6. MENCEGAH DIABETES
Jegngkol mengandung zat asam jengkolat dalam bentuk kristal yang tidak larut dalam air yang dapat mencegah timbulnya diabetes.
Tapi perlu di ingat jangan makan jengkol terlalu banyak, karna juga bisa mendatangkan penyakit kencing kapur karna kandungan kapur didalam jengkol juga banya makanlah sesuai takaran.
Sekian artikel yang dapat saya bagikan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Salam Sehat..!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat dan Manfaat Jengkol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel