-->

Cara Makan dan Minum yang Baik dan Sehat


Tata cara makan yang baik

Makan adalah kebutuhan pokok manusia untuk memenuhi kebutuhannya, karna makan adalah sumber tenaga dari manusia dari hal tersebut makan bisa dibilang kebutuhan wajib setiap manusi. Saat kita makan banyak aturan yang dilarang di dalam, karna makan tidak hanya sebagai penunjang energi didalam tubuh kita namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita, jadi saat makan dan minim hindari beberapa hal yang akan saya sampaikan berikut ini:

1. Makan, Makanan yang Halal
QS Al Baqarah: 168
ﻳَﺎ ﺃَﻳُّﻬَﺎ ﺍﻟﻨَّﺎﺱُ ﻛُﻠُﻮﺍْ ﻣِﻤَّﺎ ﻓِﻲ ﺍﻷَﺭْﺽِ ﺣَﻼَﻻً ﻃَﻴِّﺒﺎً ﻭَﻻَ ﺗَﺘَّﺒِﻌُﻮﺍْ ﺧُﻄُﻮَﺍﺕِ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥِ ﺇِﻧَّﻪُ ﻟَﻜُﻢْ ﻋَﺪُﻭٌّ ﻣُّﺒِﻴﻦٌ
Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Hadits
ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺍﻟﻨُّﻌْﻤَﺎﻥِ ﺑْﻦِ ﺑَﺸِﻴْﺮٍ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻬُﻤَﺎ ﻗَﺎﻝَ ﺳَﻤِﻌْﺖُ ﺭَﺳُﻮْﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﻘُﻮْﻝُ : ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻼَﻝَ ﺑَﻴِّﻦٌ ﻭَﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡَ ﺑَﻴِّﻦٌ ﻭَﺑَﻴْﻨَﻬُﻤَﺎ ﺃُﻣُﻮْﺭٌ ﻣُﺸْﺘَﺒِﻬَﺎﺕٌ ﻻَ ﻳَﻌْﻠَﻤُﻬُﻦَّ ﻛَﺜِﻴْﺮٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ، ﻓَﻤَﻦِ ﺍﺗَّﻘَﻰ ﺍﻟﺸُّﺒُﻬَﺎﺕِ ﻓَﻘَﺪْ ﺍﺳْﺘَﺒْﺮَﺃَ ﻟِﺪِﻳْﻨِﻪِ ﻭَﻋِﺮْﺿِﻪِ، ﻭَﻣَﻦْ ﻭَﻗَﻊَ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸُّﺒُﻬَﺎﺕِ ﻭَﻗَﻊَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﺮَﺍﻡِ، ﻛَﺎﻟﺮَّﺍﻋِﻲ ﻳَﺮْﻋﻰَ ﺣَﻮْﻝَ ﺍﻟْﺤِﻤَﻰ ﻳُﻮْﺷِﻚُ ﺃَﻥْ ﻳَﺮْﺗَﻊَ ﻓِﻴْﻪِ، ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﻟِﻜُﻞِّ ﻣَﻠِﻚٍ ﺣِﻤًﻰ ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﺣِﻤَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻣَﺤَﺎﺭِﻣُﻪُ ﺃَﻻَ ﻭَﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪِ ﻣُﻀْﻐَﺔً ﺇِﺫَﺍ ﺻَﻠَﺤَﺖْ ﺻَﻠَﺢَ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪُ ﻛُﻠُّﻪُ ﻭَﺇِﺫَﺍ ﻓَﺴَﺪَﺕْ ﻓَﺴَﺪَ ﺍﻟْﺠَﺴَﺪُ ﻛُﻠُّﻪُ ﺃَﻻَ ﻭَﻫِﻲَ ﺍﻟْﻘَﻠْﺐ . ‏[ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ ]
Artinya : “Dari Abu ABdillah Nu’man bin Basyir r.a,”Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka, barang siapa yang takut terhadap syubhat, berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan barang siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa dia adalah hati” (HR. Bukhari dan Muslim).
Allah telah melarang keras agar kita tidak memakan makan yang haram, dibalik makan haram bank madhorot didalam, jadi makanlah makanlah makanan yang baik dan halal, dengan hasil jerih payah keringat sendiri karna didalamnya banyak terkadung hikmahnya.

2. Makan Menggunakan Tangan
Mungkin menurut kalian ini menjijikan tapi dibalik itu semua terdapat banyak manfaatnya antara lain terhindar terlular dari penyakit orang lain terlebih saat kita makan di warung makan kita tidak tau siapa teleh menggunakan sendok tersebut.

ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﻳَﺤْﻴَﻰ ﺑْﻦُ ﻳَﺤْﻴَﻰ، ﺃَﺧْﺒَﺮَﻧَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﻣُﻌَﺎﻭِﻳَﺔَ، ﻋَﻦْ ﻫِﺸَﺎﻡِ ﺑْﻦِ ﻋُﺮْﻭَﺓَ، ﻋَﻦْ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺑْﻦِ ﺳَﻌْﺪٍ، ﻋَﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﻛَﻌْﺐِ ﺑْﻦِ ﻣَﺎﻟِﻚٍ، ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻴﻪِ، ﻗَﺎﻝَ : ‏« ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﺄْﻛُﻞُ ﺑِﺜَﻠَﺎﺙِ ﺃَﺻَﺎﺑِﻊَ، ﻭَﻳَﻠْﻌَﻖُ ﻳَﺪَﻩُ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳَﻤْﺴَﺤَﻬَﺎ

Artinya: Menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya, mengabarkan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Hisyam bin Urwah dari Abdurrahman bin Sa’d dari Ka’ab bin Malik dari Bapaknya yang berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam itu makan dengan menggunakan tiga jari, dan menjilati jari-jari tersebut, sebelum membasuhnya.”

3. Minum Sebelum Makan
Hal ini menghindarkan diri kita dari penyakit dalam, jangan minum disela-sela makan karna akan meningkat asam lambung hal ini juga akan menghindarkan diri kita makan terlalu banyak dianjurkan minum 20-30 menit sebelum makan.

3. Duduk Saat Makan Tapi tidak Bersandar
Duduk saat makan sangat dianjur oleh Rasulullah SAW dan para dokter karna akan menyebabkan rusaknya organ pencernaan didalam tubuh.
ﻻَ ﺁﻛُﻞُ ﻣُﺘَّﻜِﺌًﺎ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺃَﻧَﺎ ﻋَﺒْﺪٌ ﺁﻛُﻞُ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﺄْﻛُﻞُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻭَﺃَﺟْﻠِﺲُ ﻛَﻤَﺎ ﻳَﺠْﻠِﺲُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ .
Artinya: “Aku tidak pernah makan sambil bersandar, aku hanyalah seorang hamba, aku makan sebagaimana layaknya seorang hamba dan aku pun duduk sebagaimana layaknya seorang hamba.” [HR. Al-Bukhari no. 5399]

4. Jangan Makan di Atas Jam 5 Sore
Kita sering mendengar kata makan malam tapi di balik itu semua akan memupuk penyakit di dalam tubuh kita, alangkah baiknya jika saat malam kita mengkomsumsi buah jangan nasi karna kandungan zat gula di dalam nasi sangat tinggi, saat kita makan nasi di malam hari pencernaan tidak akan berfungsi baik terlebih setelah makan kita tidur bisa dibilang kita tidur dengan gula.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, alangkah baiknya kita mencegah dari pada mengobati.
Salam Sehat..!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Makan dan Minum yang Baik dan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel